Levelling
Levelling dibagi menjadi 2, yaitu peningkatan Battle Ranks (BR), atau peningkatan Stats. Patut diingat, bahwa kedua parameter ini berbanding terbalik.
Semakin kecil battle ranks mu, semakin besar tambahan stats yang kamu dapat, sebaliknya, semakin besar BR mu semakin kecil stats yang kamu dapat. Mengapa begitu ?

Battle Ranks
Battle Ranks mirip dengan level, tapi tidak merupakan level masing masing karakter melainkan level umum dari sebuah union yang sudah kamu ciptakan. Battle ranks sangat berpengaruh dalam peningkatan stats, karena semakin tinggi battle ranks mu, semakin banyak musuh yang harus dihadapi untuk naik stats.



Ciri ciri umum BR :
Battle Ranks meningkat, reward dan loot dari monster menurun.
Battle Ranks meningkat, enemy dan monster stats naik.
Battle Ranks meningkat, enemy menggunakan skill yang lebih dahsyat.
Battle Ranks meningkat, lebih besar kemungkinan kamu mendapatkan skill yang lebih dahsyat.
Battle Ranks meningkat, menambahkan upgrades, bahkan loot berupa item seperti weapon dan armor bisa didapat.
Battle Ranks meningkat, menambahkan jumlah soldier yang bisa kamu rekrut.
Battle Ranks meningkat, penambahan stats makin sulit buat karaktermu.

Pastinya, untuk karakter dengan stats kecil yang didapat di tengah permainan, pasti kelimpungan jika harus berperang bersama sama dengan pasukanmu yang battle ranks nya sudah tinggi dan punya stats tinggi. Bahkan mungkin sekedar monster lemah saja sudah mampu untuk membunuh karakter baru tadi.

Permasalahan timbul ketika harus melakukan level up stats untuk karakter karakter baru tadi, tanpa harus terbunuh oleh monster monster kecil yang meningkat kekuatannya, setara dengan battle ranks mu.



Stats Levelling
Untuk mengoptimalkan battle rank yang kamu dapat, kamu harus mengerti bagaimana battle ranks bekerja. Semakin tinggi battle ranks yang didapat, semakin banyak pula sebuah chain yang dibutuhkan untuk naik status. Dalam sepengetahuan saya, walaupun mungkin enggak linear, 1 poin battle ranks = 2 chain. Jadi untuk meningkatkan status semua karakter dalam 1 union yang dibawa ke medan perang, dengan BR 20, kamu membutuhkan setidaknya 40 chain dalam 1 battle.

Semakin tinggi chain yang sudah didapat, akan semakin tinggi pula tingkat kesulitan dan kemungkinan musuh melakukan reinforcement pada battle. Karena monster semakin sering melakukan reinforcement, maka semakin banyak lagi chain yang kamu dapat. Jeleknya, jika terlalu banyak chain yang kamu dapat, bisa dipastikan bahwa kamu akan naik BR tidak lama lagi. Jika kamu naik BR, butuh waktu lebih lama lagi untuk mendapatkan chain yang dibutuhkan.

Untuk memanfaatkan Battle Ranks sehingga tidak terbuang percuma, dalam artian, kamu tidak akan mendapatkan peningkatan battle ranks tapi terus menaikkan stats, kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini :
- membawa maximal 4 karakter saja dalam sebuah dungeon. Gunakan karakter yang ingin kamu tambahkan statsnya, dan jika memang dia terlalu lemah, boleh dikawal oleh teman lain dalam 1 union. Pecah 4 karakter tadi kedalam union yang berbeda. Bisa 2 union, 3 union, atau 4 union sekaligus.
- Usahakan dalam 1 battle, selalu ada karakter healer. 4 orang tanker tidak efektif dalam menghadapi banyak link. Mendingan 3 tanker dan 1 healer. Healer ditandai dengan inteligence yang lebih tinggi daripada karakter lain.
- Gunakan senjata terkuat. Karena pastinya kamu tidak ingin dalam setiap battle, karaktermu mati duluan sebelum punya kesempatan meningkatkan stats.
- Link kecil saja. 2 link sampai 5 link sudah cukup untuk meningkatkan setidaknya 1 stats setiap akhir pertarungan untuk masing masing karakter dalam sebuah union, dus, pola ini juga membuat BR mu tetap rendah. 1 link biasanya tidak memberikan peningkatan stats apapun, tapi malah meningkatkan BR secara dramatis.
- Jika kamu ingin menaikkan stats yang umum, maka gunakan attack only. Jangan gunakan arts sama sekali.
- Jika kamu ingin menggali skill baru, selalu gunakan opsi combat / mystic arts bila tersedia.

Lebih dalam dengan peningkatan stats
Jika kamu ingin lebih banyak mendapatkan stats dalam sekali waktu, maka kamu harus memikirkan beberapa aspek yang disesuaikan dengan karakter yang ingin kamu bawa. The Last Remnant merupakan game strategi absolut, sehingga sulit bagimu yang ingin berpindah pindah job sesuka hati. Beberapa karakter sudah diberikan keunggulan berupa stats yang lebih tinggi daripada karakter yang lain.

Untuk karakter Mitra, biasanya memulai dengan stats yang seimbang satu dan lainnya, tapi jika kamu merekrut dari Union of the Golden Chalice, maka beberapa karakter sudah memiliki job nya masing masing. Yang perlu kamu tingkatkan bukanlah jobnya, tapi statsnya. Peningkatan stats ini akan merubah jobnya menjadi level Adept, Lordly, sampai Legendary.
Untuk karakter lainnya, job desc nya sudah cukup jelas. Sovani lebih diutamakan untuk combat arts karena daya serangnya yang gila. Sementara Qsiti lebih diutamakan untuk mystic arts, dan Yama lebih pas untuk attack only karena base strength nya yang memang sudah besar dari sono nya.

Karakter Leader dan Unique Leader, memiliki stats berbeda dan tidak bisa disamakan dengan soldier berbagai ras biasa.

Kamu dapat memperhatikan beberapa aspek berikut ini :
- Gunakan senjata yang tepat. Healer, dan magus tidak tepat menggunakan pedang, tapi lebih tepat menggunakan rod. Sementara Knight, lebih cocok menggunakan dual-handed-sword ketimbang sword. Berbagai job datang dengan spesifikasi nya masing masing, dan memerlukan senjata spesifik untuk meningkatkan stas mereka. Dengan senjata yang tepat, kamu bahkan bisa mendapatkan 2-3x skill upgrade dan sekaligus tambahan stats pada setiap battle. Sayangnya terlalu banyak yang harus dibahas jika masing masing job saya beritahukan senjata terbaiknya.
- Lepas semua accessory yang kamu gunakan. Jika bisa.
- Gunakan union formation yang tepat. Union yang kamu dapat bukan cuma sekedar formasi dansa, tapi juga merupakan formasi yang mempermudah kamu untuk meningkatkan stas. Union Battle Chalice atau Trident mempercepat kemungkinan peningkatan stats untuk karakter karakter tanker. Sementara union yang mengutamakan mystic, secara cepat juga meningkatkan stats untuk karakter mystic. Gunakan union formation sesuai dengan stats yang mau kamu tingkatkan.
- Sampai saat ini, saya merasa bahwa 4 karakter dalam 1 union adalah yang terbaik. 5 karakter dalam 1 union adalah masalah.

FYI, stats TIDAK bertambah lagi sebanyak sebelumnya jika kamu sudah sampai BR130 (dari TLR jap wiki).

Sampai saat ini ditulis, saya sudah mengulang The Last Remnant 2x, mempertahankan BR tetap kecil, masih BR 54, tapi stats cukup ngaco dengan HP 1 union yang terdiri dari 3-5 orang dengan rata rata HP union sebesar 9999HP. 900an AP juga.

Kapan stop stat levelling ?
Sepertinya, selain Sovani, bangsa Mitra, Qsiti dan Yama, hanya memiliki HP paling besar di sekitar 2500an kurang lebihnya. Cuma Torgal, Caedmon dan Allan di union gw yang HP nya ada dikisaran 3500an. Semuanya Sovani. Untuk character lain, terpaksa harus equip Idol Ring untuk HP diatas 3000. Jadi untuk lebih mudahnya, stop stat levelling setelah HP udah disekitar 2500an. Toh jika digabungkan dalam 1 union, kamu sudah memiliki 9999 HP untuk unionmu.




BR Levelling
BR Levelling berbeda dengan stats levelling, karena seperti yang sudah disinggung diatas, BR tinggi membuat lebih banyak drop rare item dan digunakan untuk mengasah skill. Untuk meningkatkan BR adalah mudah, karena yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan semua orang kedalam slot yang tersedia ( jika muat ), dan link sebanyak banyaknya monster dalam sekali waktu. Semakin banyak link, makin banyak chain dan reinforcement, makin besar kemungkinan BR dan penambahan stats sekaligus ( tapi statsnya digabung, dan tidak bertambah sebanyak mini-link yang pernah dilakukan tadi ).

Mempermudah Linking
Untuk mempermudah link, kamu harus bisa menarik perhatian monster di sekitarmu. Yang harus diperhatikan, selalu lihat status monster terlebih dahulu. Jika monsternya berstatus cowering, besar kemungkinan dia nggak akan tertarik padamu dan cuma membiarkanmu lewat. Jika monsternya berstatus agresif, jika dia melihatmu, maka dia langsung menyerangmu dan menghancurkan chain yang sudah kamu buat.

Untuk monster berstatus cowering, kamu bisa melakukan Zoning ( aksi yang digunakan untuk memulai battle ) dari jarak jauh. Ini akan membuatnya tertarik dan mengejarmu. Jika dia tidak juga mengejarmu, kamu bisa masuk ke mode timeshift untuk melakukan Tagging pada monster. Caranya, dekati monster sebanyak banyaknya saat timeshift, dan waktu timeshift sudah habis, kamu harus segera lari!!!



Agar monster yang telah kamu tag tidak berbalik kembali ke habitatnya dan terus mengejarmu, usahakan agar titik monster yang mengejarmu tetap terlihat di peta. Bila titiknya hilang dari map di kanan atas, kemungkinan besar dia juga kehilangan minat mengejarmu karena kamu lari terlalu jauh (coward). Kamu tidak perlu melihat semua titik monster agar mendekat kepadamu, tapi cukup 1 titik dari 1 jenis monster yang kamu tag. Biasanya di tag 1, teman temannya ikutan mengejarmu.

Jika perlu, lakukan tagging ulang (timeshift, sentuh monsternya dengan badan) sekali lagi, dan biarkan mereka mengejarmu lagi. Sampai akhirnya kamu merasa sudah cukup banyak monster yang mendekat, timeshift sekali lagi, tag monster sebanyak banyaknya, dan Zoning.



Dengan cara hit and run ini, akan lebih banyak monster yang bisa di link dalam sekali waktu, saya pernah men-tag dan zone dengan 33 monster sekaligus. Menghasilkan kalo gak salah, 150an chain. Lokasi di sebelah Baaluk (lupa nama tempatnya).

Ditempat ini kamu cuma perlu jalan 1x map, bisa sekaligus linking dan langsung running, dan pada ujung map, kamu bisa zoning semua monster yang kamu kumpulkan untuk dibantai. Setelahnya, keluar dari map, dan kamu bisa masuk lagi. Cuma 1 map. Benar benar tempat paling enak buat levelling. Sayang musuhnya cuma kodok, keong, kupu kupu dan hydra. Dimanapun tempatnya tidak masalah, asal memungkinkanmu untuk linking sebanyak banyaknya.



Dengan melakukan linking gila gilaan, BR pasti naik BEBERAPA, status juga pasti naik beberapa, drops banyak, kemungkinan capture monster tinggi, dan ada kemungkinan drop berupa weapon atau armor atau component rare yang hanya bisa didapat kalau kamu melakukan upgrade atau menyelesaikan misi.



Upgrade weapon
Kalau kamu mau memperoleh senjata kuat dan tidak bergantung pada The Seven Sword yang syaratnya gila gilaan itu, kamu bisa melalui jalan pintas yang lebih mudah, melakukan upgrade senjata. Pada tengah tengah permainan kamu sudah mulai bisa mengupgrade senjata dengan mencari loot dari monster. Loot dari monster dapat diperoleh lebih banyak dengan menyelesaikan misi misi yang ada di Guild. Masing masing misi memiliki hadiah yang berbeda, tapi rata rata, setelah kamu sampai pada pertengahan permainan, dimana Irina sudah berhasil di selamatkan, misi misi guild akan mulai membuka bonus bonus loot drop untuk monster. Sembari mengumpulkan loot, kamu bisa terus meningkatkan stats dengan terus menekan peningkatan BR.

Weapon Upgrade akan memberikan lebih banyak pilihan senjata yang menarik, tapi kamu memang perlu cukup banyak uang. Cukup jual saja semua monster yang pernah kamu tangkap, selesaikan misi, atau jual saja item item yang tidak kamu butuhkan. Jika kamu sudah punya component apapun dalam jumlah lebih dari 30, jual saja sebagian. Jaga agar componentmu cukup untuk upgrade saja, dan component sebanyak 10-20 item, sudah cukup untuk upgrade. Kecuali Blueprint, saya sarankan untuk mempertahankan Blueprint, kalo bisa nggak usah dijual. Lagian murah juga ini harga jualnya.

Uang memang sulit di awal permainan, kantongmu juga pasti cekak. Tapi setelah membuka chapter Nagapur, uang lebih mudah didapatkan karena harga jual monster dan drop item lebih tinggi. Item juga sudah cukup banyak dikumpulkan, mengumpulkan 10 juta credit untuk upgrade merupakan hal yang mudah. Mau lebih mudah lagi ? Pake trainer tentu

Buat apa membuat Sword of Seven (pedang ini sangat overrated) kalau kamu bisa dapet Shielding Glaive, Shielding Highbrand atau senjata lainnya yang jauh lebih kuat ?

Spoiler :



Dalam upgrade weapon, kamu akan menemui percabangan upgrade. Ini biasa. Untuk mendapatkan highbrand contohnya, kamu bisa mulai dari bastard sword, upgrade terus sampai jadi warlord bastardsword (ATK84 DEF37 M.ATK72 M.DEF28) , lalu akan ada opsi untuk merubah bastardsword menjadi pedang yang sama sekali baru. ATK nya turun, tapi itu pedang yang benar benar baru. Highbrand. ATK80 DEF35 M.ATK70 M.DEF26. Turun khan ?

Tapi dengan upgrade sedikit lagi, maka kamu akan mendapatkan Shielding Highbrand dengan nilai (ATK160 DEF86 M.ATK140 M.DEF 52), sementara Sword of Seven cuma punya stat ATK130 DEF61 M.ATK120 M.DEF51. Nah nggak tertarik lagi khan dengan Sword of Seven, sebagai gantinya, bahkan ada senjata dengan ATK sebesar 255 di luar sana. Sword of Seven mah kecil



Stick To The Plan
Seperti yang sudah disinggung, The Last Remnant merupakan game strategi murni, bukan game RPG. Walaupun dikemas dalam bentuk RPG, TLR tidak memiliki unsur RPG yang umum. Alih alih menggunakan statistik berdasarkan RPG, The Last Remnant malah menggunakan Battle Ranks sistem yang membingungkan banyak pihak.

Dalam pengembangan kelas dan karakter dalam TLR, terkait penuh dengan ketersediaan BR yang sulit dipahami tadi. Makanya kamu seharusnya meminimalkan kesalahan dalam pengembangan kelas.

Pemisahan jenis kelas menjadi combat dan mystic tidak mutlak harus dilakukan, tapi sebaiknya dilakukan. Kamu bisa melihat seseorang berkecenderungan menjadi combatant atau mystic melalui stats awal mereka join dengan team. Belikan keperluan mereka seperti pedang dan armor yang cukup, upgrade pedang dan armornya, nanti mereka akan meminta persetujuanmu untuk mengganti equipment mereka.

Jika mereka menggunakan persenjataan yang sesuai dengan kecenderungan mereka, maka kemungkinan mereka mendapatkan peningkatan stats sangat besar. Bisa dibilang, hampir setiap battle, entah BR naik atau tetap, stats mereka terus naik.

Ada kalanya dalam setiap peningkatan 2 - 5BR, mereka meminta pertimbangan untuk perubahan kelas. Sekali lagi, menurut saya, stick to the plan. Jika mereka tipe combat, maka biarkan mereka terus mempelajari combat arts. Jika mereka tipe mistik, biarkan mereka terus di mistik apa adanya.

Seringkali mereka akan bertanya mengenai mempelajari mystic arts semacam hexes atau combat arts semacam trap, menurut saya, abaikan saja. Mereka akan mempelajarinya juga nanti tanpa kita mau di penghujung game, tapi dengan combat arts yang sudah lebih kuat, diatas level 4 atau 5. Sehingga mereka juga akan lebih sering menggunakan arts natives nya tanpa bercabang cabang kesana kemari.

Hal ini juga mempermudah kamu dalam menentukan Battle Formation apa yang digunakan untuk membangun karakter.
Tapi ingat, hal ini sedikit banyak tidak berlaku pada Unique Leader. Unique Leader adalah anggota party yang memiliki latar belakang sendiri, tertulis di profile mereka. Unique Leader lebih banyak merupakan cross class, sehingga mereka bisa lebih luwes dalam mengembangkan potensinya. Siapa yang pernah menyangka Loki si Pendekar itu ternyata malah seorang Healer super handal ? Dan siapa yang mengira Violet dan Nora yang nampak seperti Mage itu malah berkencenderungan sebagai Knight dan Samurai ?
Unique Leader ini agak agak aneh karena seringkali apa yang kita dapat dari statsnya, ternyata malah tidak cocok digunakan. Jika seorang Unique Leader tidak mendapatkan peningkatan stats / combat arts yang berarti padahal keperluannya sudah dipenuhi, besar kemungkinan bahwa sebenarnya selama ini keyakinannya salah.

Memang harus di coba coba sih. Saya juga coba coba terus.

Money Money Money, we need money!
Masalah utama di TLR memang uang, kalo kamu nggak menggunakan trainer, kamu pasti merasakan ini. Maka itu kamu punya Mr. Diggs!

Mr. Diggs pada level tinggi seringkali mengambil barang dengan lebih banyak. Pada beberapa tempat, dia juga sering mendapat uang secara langsung. Dig Count yang dimiliki Mr. Dig juga bertambah terus seiring jalannya permainan. Sampai saat ini, Dig Count yang gw punya ada 15. Nggak tau ada berapa sebenernya.

Mr. Diggs memang punya keterbatasan dalam jumlah galian yang bisa dilakukan, tapi ada beberapa spot yang seringkali, berisi banyak hadiah sekaligus. Coba cari spot spot yang ada di tempat unik. Di dalam air, di dalam lava, di atas genteng, di atas kristal, biasanya dalam beberapa kali dig, bonus item dan rare item serta combo yang tinggi (lebih dari 20 combo) pasti muncul. Setelah mereka muncul, kamu bisa coba spot lain karena mereka biasanya hanya muncul sekali tiap kamu masuk dungeon.

Dig terbanyak yang pernah di dapet, 69 combo di Darken Forrest. Mungkin di tempat lain berbeda, tergantung sama keberuntunganmu. Tapi dari dig saja, barang barang yang dijual sudah cukup banyak, terutama kalau kamu menggunakan mr. Diggs sampai menjadi legendary digger ( atau apalah nama jobnya ), kamu bakal dapet item + uang sekaligus. Nah dari sini, uang cukup mudah didapat untuk ongkos upgrade atau foya foya.

Selain Mr. Diggs, kamu juga bisa mendapatkan monster weekly dan monster daily dari guild mission untuk memperbanyak drop loot dari monster spesifik. Setiap monster weekly bisa menaikkan kemungkinanmu dari 1 drop loot, sampai banyak sekaligus.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Reader

Translate

Powered by Blogger.